Posted by : dicky Kamis, 26 Januari 2017


Hasil gambar untuk gunung puncak trikora

Puncak Trikora adalah salah satu dari 3 puncak tertinggi di Papua, selain puncak gunung dan Puncak Mandala. Titik awal untuk menuju puncak Trikora adalah melalui Wamena tepatnya di lembah Baliem yakni tempat paling pas untuk memandang puncak Trikora secara jelas.
Puncak Trikora memiliki ketinggian 4750 mdpl atau sekitar 15.580 kaki. Sama seperti dua puncak lainnya, puncak ini juga diselimuti oleh glester. Dan merupakan satu-satunya daratan ber-es di wilayah tropis.
Trikora adalah nama dari kepanjangan “Tri Komando Rakyat” yang dimandatkan oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 19 Desember 1961.
Puncak yang termasuk dalam “seven summits” dunia memiliki trek pendakian yang amat sulit dan biaya pendakian yang terbilang sangat mahal Sama dengan dua puncak lainnya, puncak Trikora awalnya ditemukan dan pertama kali diexplore oleh H.A Lorentz yang merupakan penjelajah dari Belanda. Kemudian puncak ini berhasil didaki oleh Herderschee, Hubrecht, and Versteeg pada 1913.
Puncak Trikora berbentuk tidak kerucut seperti pada umumnya puncak gunung. Ia cenderung lebih datar dan berbentuk memanjang dan diselimuti es.Pada 27 Januari 2013 tim ekspedisi dari Mapala UI (Universitas Indonesia) berhasil menjajaki puncak Trikora serta membuka jalur trek atau entry point menuju ke sana. Jalur yang dibuat adalah jalut panjat. Hal ini tentu wajar karena trek yang sangat berat untuk menuju ke sana. Maka dari itu harga yang mahal untuk biaya pendakian rasanya setara dengan proses yang berat tersebut.

sumber: http://infopendaki.com/puncak-trikora/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Hujan Rintik-Rintik

Flag Counter
Free Blue Glitter Busy Cursors at www.totallyfreecursors.com

Feature Post

面白ハッシュタグ案内所

- Copyright © gunung - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -